Kopi Lanang Kopi Pilihan Terbaik

Kopi Lanang - Kopi Lanang Kopi Pilihan Terbaik : Penyuka kopi tentunya pasti mengenalkopi jenis kopi lanang, yang dimana ada citarasa tersendiri dibanding kopi kopi yang lain akan tetapi  Kopi Lanang atau Peaberry Coffee bukanlah kopi yang khusus dinikmati oleh lanang (sebutan pria dalam bahasa jawa, red.). Sayang, belum banyak orang tahu jenis kopi ini. Jenis kopi ini merupakan sebutan untuk biji kopi yang bulat dan tunggal, tidak terbelah dua seperti biji kopi pada umumnya.

Kopi Lanang didapat dengan menyortir biji kopi jenis Robusta dengan sangat teliti. Jumlahnya yang sangat jarang membuatnya istimewa. Proses ini hanya terjadi secara alami dan tidak dapat direkayasa. Dalam sekali panen, hasilnya sangat sedikit. Sebagai perbandingan, dari 50 kg biji kopi, setelah disortir hanya terdapat 800 g biji kopi lanang. Selain itu, jenis kopi ini mempunyai citarasa lebih tinggi, aroma yang lebih wangi, rasa lebih padat (full). Jenis kopi ini juga dipercaya mampu meningkatkan kinerja dan menjernihkan pikiran.

Bagi penikmati kopi, sangat cocok mengkonsumsi kopi lanang ini karena kadar caffeinnya sangat tinggi sehingga tidak mudah mengantuk disamping cita rasa kopinya begitu halus. Permintaan Kopi Lanang mulai muncul sejak tiga tahun silam. Sebagian besar berasal dari beberapa kota besar dan pusat wisata. Meski belum sebanyak Kopi Luwak, permintaan kopi lanang kian meningkat.

Permintaan kopi lanang yang tinggi bukan lantaran harganya murah, lo. Harga jual kopi lanang di pasar hampir setara dengan kopi luwak. Penjualan kopi lanang seharga Rp 140.000–Rp 150.000 per kg. Bandingkan dengan harga kopi biasa (arabika atau robusta) yang dijual sekitar Rp 100.000 per kg. Bahkan, di Bali, harga jual kopi lanang jauh lebih mahal bisa mencapai Rp 250.000 per kg.

Di Pulau Dewata, permintaan kopi lanang memang cukup banyak. Biasanya, peminatnya adalah usaha yang berkaitan dengan wisatawan asing (wisman). Sejauh ini, banyak wisman dari Korea Selatan dan Taiwan yang kebetulan sedang ke Bali, mencari kopi lanang sebagai buah tangan ketika kembali ke negara asalnya.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan pasar lokal. Peminat kopi lanang di pasar lokal memang belum banyak. Maklum, jenis kopi ini belum terlalu dikenal. Baru sebagian dari masyarakat di Pulau Jawa mengetahui adanya kopi lanang. Itu pun sebatas dari kalangan para penggemar kopi. Para penggemar kopi dari luar negeri yang jauh lebih paham akan citarasa kopi lebih mengenal jenis kopi ini. Mereka bahkan rela membeli dengan harga mahal untuk mendapatkan citarasa tertinggi. Kopi lanang cukup banyak penggemar lantaran rasanya mirip dengan kopi luwak.

Selain sarat dengan kandungan kafein, yakni sekitar 2,1 persen, banyak orang yakin kopi lanang berkhasiat menambah vitalitas kaum pria. Namun, hingga saat ini memang belum ada penelitian yang sudah membuktikan klaim tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Kopi Lanang Kopi Terbaik